Bisnis Online Indonesia 100%FREE!!

Selasa, 09 Desember 2008

TIPS BELANJA VIA INTERNET

Kategori : IT
Tidak dipungkiri berbelanja via Internet masih menimbulkan ragu-ragu bagi masyarakat, sebab kemungkinan-kemungkinan menjadi korban penipuan masih terpatri dibenak kita. sebenarnya metode dan dasar-dasar jual beli sebagaimana biasa saja, antara lain :
1. ada penyedia barang dan pembeli,(market and diman)
2. bahasa yang dimengerti (komunikasi)
3. ada transaksi.(keuangan)
4. kepercayaan dan kejujuran,
Kalau yang No.1(satu) dan 2(dua) kemungkinan besar pasti banyak, ada namun yang jauh lebih penting adalah yang ketiga dan keempat sebab yang bertransaksi secara dunia nyata (bertemu) saja orang-orang masih berani menipu apalagi via Internet si penjualnya dengan sipembeli tidak ketemu hanya barang atau jasanya saja yang ditampilkan di Web,situs atau blog (itupun bisa saja palsu) sementara orangnya didunia antah berantah atau bisa - bisa sipenjual dan sipembeli MALAH bertetangga.
Memang aturan-aturan atau regulasi tentang IT, perlindungan konsumen, ataupun tatakrama di dunia internetan kadang sudah ada namun siapa yang bisa menjamin keamanan bertransaksi di internet pasti aman? apakah aparat kepolisian negara ini ?? semuanya hingga kinipun hal tersebut masih belum menjamin. masih seringnya terjadi pencurian data/jualbeli data keuangan, terutama KARTU KREDIT.
KABAR GEMBIRAnya belanja secara online memerlukan authorize kartu kredit, kini jika melakukan otorisasi terutama yang belanja dari Indonesia kabarnya mesin otorisasi akan menunda lalu lintas transaksi sebelum pembeli mengirimkan/SCAN kartu kreditnya bolak balik dan menanda tanganinya, hal inilah menurut saya sangat menggembirakan seiring dengan banyaknya gerai secara online. Mudah-mudahan tingkat penipuan menurun, perlindungan terhadap konsumen harus diutamakan jangan lagi konsumen menjadi korban sebab masih banyak GERAI ONLINE yang tujuannya hanya mengoleksi data kartu kredit orang lain.
Sebagai Konsumen apalagi yang awam juga harus jeli dan mau belajar, jangan malu bertanya secara detail kepada penyedia atau sharing kepada orang lain yang lebih banyak makan asam garam menggunakan jasa online. Berikut beberapa Tips berbelanja online antara lain :
1. carilah web,situs,atau blog berbelanja yang mendapat rekomendasi teman, atau bisa mencari sendiri melalu SEARCH ENGINE, bisa Yahoo, Google, MSN dsb.
2. Cari dan pergunakan bahasa atau tampilan yang bisa kita mengerti dan jangan pernah memasukkan kartu kredit sembarangan di Form. Sebab ada juga “Web Phising” yang merupakan web yang dibuat mirip dengan web asli, misalnya Paypal.com,
tujuannya adalah anda terkecoh lalu memasukkan username and password. Pastikan alamat (URL) yang tertera di browser itu benar-benar alamat asli. kadang wajah boleh sama tapi palsu!!.
3. Jika menurut anda bisa DIPERCAYA, pastikan form untuk memasukkan data keuangan andadilengkapi dengan sertifikat keamanan secure sockets layer (SSL). SSL memastikan data transaksi anda dienkripsi atau dikirim sebagai kode acak sehingga tidak dapat disadap/dibaca oleh pihak pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.Tanda kalau web,situs,blog itu menggunakan SSL adala alamatnya menjadi https://,
(perhatikan ada “S”nya berarti “secure”).
4. cari transaksi yang langsung diproses dihalaman provider transaksi online maksudnya sipenyedia tidak berurusan dengan kartu kredit kita,dan dipastikan tidak mengoleksi data kartu kredit, provider yang sering digunakan adalah Paypal dan Checkout
5. Jangan pernah miminjamkan KARTU KREDIT anda kepada siapapun sebab bertransaksi online pakai kartu kredit begitu mudah, sebab hanya membuthkan nama, nomor kartu, masa kadaluarsa, dan Nomor tiga digit terakhir yang biasa disebut “security code”. dengan tiga nomor terakhir itu siapapun bisa mengunakan kartu kredit anda, atau jika kamu di MALL, Kafe, atau tempat-tempat perbelanjaan lain aja yang kudu hati-hati kalo membayar dengan kartu kredit sebab pegawai-pegawainya bisa mencuri data kartu anda. jangan biarkan dia lama-lama memegang kartu anda. mau praktis malah HABIS deh, solusinya adalah hafalkan nomornya lalu ditutupi atau dihapus saja.
6. Berdoa semoga anda dilindungi oleh Sang Maha Pelindung.

Demikian sedikit Tips dalam berbelanja secara online semoga bermanfaat.(Mrprab;berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebanjiran Dollar!!

PayPal Solusion

Solution Graphics

Very Recommend!!

paidthefastest (recomend)

Rasakan dapet duit dari sini

ist's true

internet marketing

TextLinkAds

Daftar ke PayPal

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

JOB&BISNIS Headline Animator

NABILA PUTRI Blog Headline Animator