Bisnis Online Indonesia 100%FREE!!

Kamis, 18 Desember 2008

UMKM Sediakan 90 Persen Pekerjaan Tetapi Produktivitas Rendah
Jakarta (ANTARA News) - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mencapai 99 persen dari total lapangan kerja yang ada di Indonesia dengan jumlah daya tampung pekerja sebanyak 90 persen, namun diakui produktivitasnya masih rendah.
"Memang UMKM memberi kesempatan kerja sampai 90 persen bagi total penduduk Indonesia, sementara usaha besar hanya 0,19 persen dengan daya tampung pekerja 10 persen, namun tingkat produktivitas UMKM dan usaha besar juga jauh," kata Deputi Kepala Bappenas bidang Evaluasi Pengembangan Kinerja Dr Bambang Widianto di Jakarta, Selasa.
Tingkat produktivitas UMKM pada 2007 dalam hitungan kasar hanya Rp23,12 juta per orang, sedangkan tingkat produktivitas usaha besar mencapai Rp728,4 juta per orang per tahun, ujarnya.
Dalam diskusi tentang laporan terbaru International Labour Organization (ILO) itu, ia mengatakan, karena itu pengembangan usaha besar sama pentingnya dengan pengembangan usaka mikro, kecil dan menengah.
Ia juga membeberkan, dari UMKM tersebut, yang paling banyak memberi kesempatan kerja kepada total penduduk produktif indonesia adalah usaha mikro 62,51 persen (menampung 31,05 juta pekerja), kemudian usaha kecil 21,36 persen (10,6 juta), baru usaha besar 9,59 persen (4,76 juta) dan usaha menengah 6,14 persen (3,05 juta).
"Biaya yang dikeluarkan bagi usaha mikro dan kecil memang rendah, hanya Rp603 ribu per orang per bulan dalam Sensus Ekonomi 2006 sementara untuk usaha menengah dan besar mencapai Rp2,4 juta per orang per bulan," katanya.
Demikian juga dalam hal investasi untuk usaha kecil dan menengah pada 2007 hanya membutuhkan Rp9,27 juta per unit usaha, sementara itu investasi untuk suatu usaha besar mencapai Rp115,27 miliar per unit usaha dari total rata-rata investasi per unit usaha di Indonesia sebesar Rp19,74 juta.
Ia juga mengungkapkan data ILO tentang pertumbuhan Produk Domestik Bruto (GDP) Indonesia sebesar 25,7 persen, sementara pertumbuhan pekerja hanya 5,7 persen, dan pertumbuhan .pengangguran 16,5 persen.
Bandingkan dengan Malaysia dengan GDP yang tumbuh 24,4 persen dan pertumbuhan pekerjaan mencapai 8,4 persen, memiliki pertumbuhan pengangguran 6,1 persen.(*)(mrprab/antaranews)

COPYRIGHT © 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebanjiran Dollar!!

PayPal Solusion

Solution Graphics

Very Recommend!!

paidthefastest (recomend)

Rasakan dapet duit dari sini

ist's true

internet marketing

TextLinkAds

Daftar ke PayPal

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

JOB&BISNIS Headline Animator

NABILA PUTRI Blog Headline Animator