Bisnis Online Indonesia 100%FREE!!

Rabu, 26 November 2008

FENOMENA “BURUH”

FENOMENA “BURUH”
saya tertarik ketika membaca sebuah TAJUK di koran kontan terbitan Rabu, 26 Nop. 2008. yll. judul dan uraiannya sbb :
KOK, GAJI PNS NAIK?.
Darah buruh sedang menggelegak. Mereka naik pitam begitu mengetahui adanya surat Kesepakatan Bersama (SKB) Empat Menteri yang mengatur soal pengupahan dimasa krisis. Sorotan utama kaum kerah biru ini satu : SKB itu menjadi jalan bagi pengusaha untuk tidak menaikkan gaji mereka.Upah mereka boleh naik asal tak lebih dari 6% pada tahun depan.
Persoalannya, siapa yang bisa jamin bahwa harga pakaian,biaya sekolah dan ongkos transportasi,sewa kontrakan, hingga harga sabun mandi tidak akan melambung melebihi 6%, Kenyataannya, inflasi sebagai indikator kenaikkan harga barang dan tarif jasa hingga saat ini saja, sudah berada di atas 10%. .
Krisis ekonomi, kata inilah yang menjadi argumen pemerintah untuk menerbitkan beleid ini. Dalil pemerintah,aturan ini ibarat bagi-bagi beban antara buruh dan pengusaha dimasa krisis ekonomi .sepertimkita tahu semenjak wabah kris melada dunia,ekonomi menjadi lesu, pasar sepi, penghasilan pengusaha menurun,sementara ongkos produksi tetap tinggi.
Dalam menghadapi krisis dan kesulitan nan entah kapan berakhir,pengusaha dan buruh harus kompak dan sama-sama menanggung beban seimbang. nah ketimbang menghadapi pisau PHK,kaum buruh harus ikut menanggung beban ini,yakni harus rela gaji mereka tidak naik. Logika sederhana yang memang tidak ada salahnya.
Cuma apakah hanya kita; buruh,profesional,pegawai swasta,dan dan pengusahayang harus berbagi beban krisis ini ? Bagaimana dengan pemerintah beban apa yang mereka tanggung? sudahkah pejabat kita memberikan tauladan yang patut diikuti?.
Nah, soal berbagi beban krisis,ada baiknya kita mencntoh negara tetangga,Singapura. Awal pekan ini, Pemerintah negeri kota ini membuat satu keputusan HEBAT ;mereka memangkas gaji para petinggi, mulai dari perdana Menteri, para Menteri,anggota parlemen,dan pegawai pemerintah guna menghadapi resesi ekonomi.
Tahun depan,gaji tahunan perdana Menteri Lee Hsien Loong, akan turun 19% djadi S$3,04 juta(US$.2juta).Gaji Menteri Singapura pun akan terpangkas 18% jadi US$.190.000 setahun.
Memang gaji Presiden Indonesia kurang lebih 60 juta sebulan atau 720 juta setahun, hanya seujung kuku gaji PM Lee. begitupun gaji menteri,anggota parlemennya. Tapi apa untungnya berdebat soal BESAR KECINYA GAJI PEJABAT. yang lebih penting kita semua sama-sama berbagi beban ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Jadi tidak ada salahnya Pemerintah meninjau kembali rencana kenaikkan 15% gaji PNS tahun depan. SOLIDERLAH sama buruh. ( Barly Haliem Noe )
=============================================
Demikianlah uraian tajuk diatas yang saya kutip kembali, saya pada dasarnya sependapatdan sepimikiran dengan pengarang diatas, memang kemunafikan, sepertinya sudah mendarah daging di negeri ini, katanya krisis kok keluar negeri, sekarang buruh diperhadapkan pengusaha apa jadinya??? apakah pemerintah sebagai penontonnya atau malah menjadi polisinya??? kemudian sebagai polisinya apa bisa menjamin ketentraman publiknya??? berkeadilan memang susah ditegakkan semua alasan bisa dicari sadarlah wahai engkau pejabat dan penentu kebijakan publik mestinya negara-lah yang melindungi harkat dan martabat bangsa jangan lagi siapa lagi. jutaan rakyat hanya untuk bermimpi makan enak saja susah apalagi mencicipinya. Bukan GAJI PNS yang tinggi kurang tinggi penyelesaian masalah sosial tapi ciptakanlah lapangan kerja dari uang negara ini. jangan menciptakan kecemburuan SOSIAL antara pekerja untuk Pemerintah dengan pekerja untuk SWASTA. Negeri ini harusnya berterimakasih dengan SWASTA dan doronglah rakyat untuk bisa menghidupi keluarganya lebih layak. jangan mau enak sendiri. memangnya sektor swasta lebih rendah derajatnya dibandingkan pegawai aparatur negara???. perbaiki kinerjanya mohon maaf kadang saya berfikir apa istimewanya. bukankan dari awal penerimaan CPNS harus tau menjadi abdi negara menjadi PELAYAN MASYARAKAT. kaKALO YANG NAMANYA PEKERJA MESTINYA SAMA DONK kan Cuma beda bidang aja kan kenapa musti dikotak-kotakkan persatuan dan saling tolong lebih menjamin peningkatan kesejahteraan, sekarang kok malah kebalik ya??? malah lebih bonafid kayaknya……pusing dech…!. mudah-mudahan Indonesia rakyatnya tambah makmur. (mrprab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kebanjiran Dollar!!

PayPal Solusion

Solution Graphics

Very Recommend!!

paidthefastest (recomend)

Rasakan dapet duit dari sini

ist's true

internet marketing

TextLinkAds

Daftar ke PayPal

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

JOB&BISNIS Headline Animator

NABILA PUTRI Blog Headline Animator